Strategi Mengetahui dan Mengatasi Penipuan di Bisnis Online

Salah satu jenis bisnis yang menjanjikan adalah bisnis online. Sekarang sudah menjadi trend pilihan karena beberapa kelebihannya, yaitu diantaranya adalah modal kecil, tidak wajib ngantor, kantor bisa dibuat di rumah bahkan di kamar tidur, sistem pemasarannya yang luas cepat dan praktis, dan masih banyak lagi.  Nah..saking banyaknya penawaran bisnis online yang menjanjikan dan menggiurkan, tidak sedikit pula yang mengandung unsur penipuan, dengan menjanjikan iming-iming uang yang melimpah.

 

Lumayan banyak korban yang tertipu dalam mengawali bisnis online, karena memang belum tahu sama sekali apa itu bisnis online, tidak tahu dengan siapa harus bertanya, dan kebetulan ketemu situs yang menawarkan penghasilan yang sangat fantastis.  Jangan khawatir…saya juga pernah mengalaminya, walaupun tidak seberapa kerugian yang saya tanggung. Saya anggap ini suatu pengorbanan yang juga dialami oleh pengusaha Offline yang kebanyakan mengalami jatuh bangun di awal usahanya. Nah…agar hal ini tidak terjadi pada kita lagi, mari kita pelajari strategi untuk mengetahui dan mengatasi  adanya penipuan dalam praktik bisnis online.

Menawarkan Pendapatan yang Melimpah dalam Sekejap.

Setelah membaca sana sini, searching sini situ, akhirnya sedikit banyak saya baru menyadari bahwa, semua bisnis itu butuh modal, yaitu perjuangan, ketekunan dan kesabaran. Selain itu ada yang tidak penting tapi perlu, yaitu UANG.  Tidak ada penghasilan yang instan. Semua butuh proses. Jadi untuk situs yang mengatakan bahwa  dalam sekejab / waktu yang singkat akan mendapatkan keuntungan yang melimpah, hanya membutuhkan waktu 2 jam sehari…katakan ITU BOHONG !!!… Saya mempelajari materi dalam bisnis online itu sampai larut malam. Memang kelebihannya adalah kita tidak perlu keluar rumah sepanjang malam itu. Itu yang menjadi pilihan saya…:)

Sekali lagi…jangan gampang tergiur dengan iming-iming cepat kaya.  Anne Ahira saja yang sudah sukses beneran,  mengajarkan bahwa dia  tidak bisa menjamin kapan murid-muridnya bisa menghasilkan pendapatan dari bisnis online. Karena semua tergantung dari masing-masing, mau segera menerapkan ilmunya atau tidak…Contoh kasus ini misalnya, ada situs yang menawarkan produk dengan harga Rp.150.000,-. Katanya tanpa harus lelah bekerja , uang bisa mengalir sendiri dalam waktu satu sampai dua bulan bisa mencapai  150 juta. Sungguh tidak realistis…!!

Bisnis Online bukan bisnis cepat kaya. Ada strategi-strategi tertentu yang harus kita lakukan untuk bisa menghasilkan pendapatan. Dan itu tidak bisa instan seperti yang banyak dijanjikan oleh sebagian situs yang beredar di dunia maya ini.

Domain dan Hostingnya tidak Bayar / Gratis.

Biasanya kurang bisa dipercaya bila bisnis online yang katanya menghasilkan pendapatan yang melimpah tetapi Domain dan Hosting yang digunakan tidak pake bayar alias gratis. Domain yang berbayar biasanya menggunakan .com, .net, .org…sedangkan yang gratis  co.cc, cz,cc  dan masih banyak lagi. Domain gratisan biasanya tidak aman, karena bisa dihentikan oleh pemiliknya.

Menawarkan Bonus Rekrut.

Secara tidak langsung strategi program bisnis online ini hanya menawarkan bonus, tidak menawarkan produk. Produk hanya untuk kedok saja.Semacam member get member, berantai. Akhirnya malah jadi semacam money games. Seolah-olah setelah mendaftar akan mendapatkan bonus ebook panduan gratis senilai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Padahal ebook tersebut banyak beredar secara gratis, tidak perlu bayar biaya keanggotaan terlebih dahulu. Saran saya jangan ambil strategi bisnis online seperti ini.

Tidak Transparan dalam Sales Letter nya

Sales letter adalah tulisan di bagian utama (home) dari situs yang pertama kali kita klik. Biasanya di halaman ini yang empunya situs akan menulis panjang lebar dan memberikan iming-iming penghasilan melimpah dalam waktu singkat, ada testimoninya, ada screen shoot bukti transfernya / mutasi rekeningnya. Selain itu, mereka mempunyai strategi seolah-olah kalau tidak segera mendaftar, keburu akan ditutup dan tidak ada kesempatan lagi. Padahal esok paginya bila kita buka lagi situs tersebut ternyata bunyinya sama dan hanya mengganti tanggal dan harinya saja.

Contohnya: “ Harga ini akan naik bila anda tidak segera mendaftar dengan biaya Rp.150.000,-  sebelum tanggal 17 Juni 2012”. Padahal … bila kita buka lagi situs tersebut pada tanggal 20 Juni 2012, maka, kalimatnya akan menjadi : ““ Harga ini akan naik bila anda tidak segera mendaftar dengan biaya Rp.150.000,-  sebelum tanggal 20 Juni 2012”…begitu seterusnya.

Semua yang tertulis di Sales letter yang tidak transparan tersebut hanya rekayasa, baik dari foto orang yang menulis, testimoni maupun screen shoot mutasi rekeningnya.

Tidak ada Keterangan Diri

Bila pemilik situs tidak berani menunjukkan identitas dirinya, so pasti dijamin 200% penipuan bisnis online. Asli!! J…

Biasanya strategi pebisnis online dalam meyakinkan calon konsumen adalah dengan menunjukkan nama yang sebenarnya, foto diri, kantor yang jelas alamatnya, serta nomor kontak atau telpon yang gampang dihubungi. Kalaupun mempunyai team support, pasti pelayanannya juga memuaskan. Hal ini menunjukkan bahwa yang mempunyai situs bertanggung jawab penuh atas situs yang dikelolanya.

Dari sedikit uraian saya di atas, mari kita buat strategi bisnis online yang profesional, jangan mudah percaya dengan iming-iming, jangan ingin cepat kaya, karena hal ini akan sangat mempengarui emosional kita dalam bernisnis online. Bisa-bisa bisnis online yang kita jalankan tidak berkualitas sama sekali sehingga menjadikan orang enggan berkunjung ke situs kita…So What? Mari kita ngeblog yang berkualitas, belajar pada guru yang sudah jelas kredibilitasnya …Wallahu a’lam..J…

6 thoughts on “Strategi Mengetahui dan Mengatasi Penipuan di Bisnis Online”

  1. Assalamualaikum kakak. ni fiksi apa nonfiksi sih kak??? Hiks, senneg banget dg kata-kata kebodohan yang sama! Lagi dan lagi! Dia yang pernah menjadi batasan hati, bisakah membantuku kali ini? Aku tak mau lelap bersama mimpi, bangunkan aku, tunjukkan yang nyata ke hadapku, kali ini benar-benar kuserahkan padamu terus upgrade blognya ya kak!!!!!! :a3

  2. Cara paling jitu untuk mengatasi penipuan adalah ketahui dulu kredebilitas pebisnis tsb. Caranya cari informasi sebanyak mungkin di google pasti ketemu jawabannya. Jika bisnis tsb masih baru otomatis jarang jga peminat alias masih sepi nah ati2 jga yg spt ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *