Strategi Dropshipping, Solusi Alternatif Bisnis Online

Bagi pebisnis online yg baru mau mulai action, atau sebut saja sebagai newbie, pasti akan butuh banyak waktu untuk menjadikan bisnis onlinenya sukses dan menghasilkan pendapatan sesuai dengan yang diharapkan. Di sisi lain bila pebisnis online tersebut sudah mempunyai kebutuhan banyak dan mendesak, tentu tidak bisa hanya menunggu bisnis onlinenya sukses. Maksud bisnis online di sini adalah murni jualan informasi atau blog informasi…Nah…sambil menunggu hasil…, bolehlah mencari alternatif binis produk lain yang bisa dionline kan..:)..apakah itu?…Adalah strategi dropshipping sebagai solusinya…mari kita simak informasi seputar dropshipping.

 

Apa itu Dropshipping?

 

“Dropshipping” merupakan jenis penjualan produk yang melibatkan Supplier (pemilik toko), Dropshipper (reseller) dan Pembeli (konsumen/pelanggan). Dalam menjual produk ke pembeli, dropshipper  hanya bermodalkan gambar/ foto dari supplier. Dropshipper tidak harus mempunyai stok/ menyediakan produk/ barang di tempat tinggalnya, serta menjual produk ke pembeli  dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper  sendiri.

 

Prosesnya adalah, dropshipper memasarkan produk dengan cara memasang iklan ke berbagai alat promosi offline maupun online, baik promosi gratis maupun berbayar. Salah satunya untuk yang online  biasanya di media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, google+ dan lain-lain.  Setelah pembeli setuju dengan produk dan harganya, dipastikan akan mentransfer uang ke rekening dropshipper. Setelah betul-betul melakukan transfer, selanjutnya, dropshipper  akan membayar langsung atau mentransfer uang  kepada supplier sesuai  kesepakatan harga beli dropshipper (biasanya ada tambahan biaya kirim ke pembeli). Selesai melakukan transaksi keuangan, dropshipper akan  memberikan informasi tentang konsumen yaitu tentang nama, alamat, dan nomor telephone kepada supplier. Produk  yang sudah diorder  akan dikirim oleh supplier  ke pembeli.  Hal yang menjadikan kita mantap sebagai dropshipper adalah, nama pengirimnya  tetap nama  dropshipper dan bila produk itu ada labelnya (identitas supplier), maka serta merta akan dihilangkan, sehingga barang tersebut terkesan milik dropshipper…Menarik bukan?..:)

 

Sekali lagi, penawaran yang dilakukan dalam Dropshipping bisa secara offline maupun online. Namun, biasanya, lebih banyak dilakukan secara online,karena lebih praktis, efektif dan efisien. Dropshipper tinggal  memasang foto/katalog produk dari supplier. Bila kita sudah mempunyai web, blog atau toko-online, kita tinggal  up load foto produk dari supplier ke toko-online kita. Namun jangan khawatir bila kita belum mempunyai toko online sendiri, karena  banyak media yang memfasilitasinya. yaitu kita boleh menggunakan  situs jual beli online, seperti  BursaMuslim.com,  berniaga.com, tokobagus.com, kaskus.us, tokopedia.com,atau di komunitas jejaring sosial seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

 

Ada 2 jenis model join venture antara supplier dengan dropshipper, yaitu :

 

Jenis ke-1

 

Dropshipper  menetapkan harga sendiri kepada konsumen. Karena memang supplier memberikan keleluasaan kepada dropshipper. Dalam hal ini supplier tidak memberikan fee, karena dropshipper sudah mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga yang dibuatnya.

 

Jenis ke-2

 

Supplier menetapkan harga secara paten dari awal, dan menetapkan fee kepada dropshipper setiap produk yang berhasil dijualnya.

Ada banyak keuntungan bila kita melakukan strategi bisnis online dengan dropshipper, antara lain adalah sebagai berikut :

 

  • Modal yang dibutuhkan sangat kecil.
  • Bisa dilakukan kapan pun dan di manapun. Artinya, tidak ada ikatan waktu dan bisa dilakukan di rumah maupun di luar rumah, bahkan bisa dilakukan sambil berlibur atau pun sambil mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Tidak perlu ngantor.
  • Tidak harus berhubungan langsung dengan ekspedisi (jasa pengiriman barang).
  • Ilmu pengetahuan yang dibutuhkan sangat sederhana, tidak harus berpendidikan tinggi, yang pokok bisa dan senang berinteraksi dengan internet serta ilmu berhitung (untuk menghitung harga dan keuntungan heheJ)
  • Siapa saja bisa melakukannya.
  • Dan masih buanyak keuntungan yang lainnya.

 

Selanjutnya, dimana mencari produk yang ada dropshippingnya…? Tinggal cari saja di syaikh Google, pasti banyak info di sana. Kalau saya sendiri, sementara ini memasarkan kain dan baju batik di sini, rencana mau memasarkan juga produk makanan Tahu Bakso.

 

Ok…Selamat ber dropshipping yach…selamat mencoba…semoga sukses,;)

8 thoughts on “Strategi Dropshipping, Solusi Alternatif Bisnis Online”

  1. Good post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It is going to at all times be stimulating to learn content from different writers and apply somewhat one thing from their store. I’d favor to use some with the content material on my weblog whether you don’t mind. Natually I’ll provide you with a hyperlink in your net blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *