Mau Jualan apa ya di Bisnis Online?

Pertanyaan ini sering muncul pada orang yang baru mau mulai bisnis online, termasuk saya dulu…”Makanan”  apa sih bisnis online itu? Hehe…Ternyata setelah dipelajari satu per satu, wah..banyak sekali keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Yaitu antara mau jualan produk sendiri atau produk orang lain. Mau yang gratisan atau berbayar? Dan lain-lain. Hmmm…Sekarang ini belum memungkinkan bagi saya untuk menjual produk secara fisik, karena merasa direpotkan dengan masih harus melakukan packing dan mesti berhubungan dengan expedisi/ jasa pengiriman. Hal inilah yang mendorong saya untuk menjual Produk Digital/ Informasi saja .

Tempat yang pas untuk jualan produk digital/informasi adalah di internet. Kok bisa? Karena cara orang dalam mencari informasi adalah dengan searching di internet. Walaupun di internet itu sarat dengan informasi tanpa bayar, namun pasti ada  juga hal-hal rahasia yang tidak ternilai harganya, sehingga kita harus membelinya. Hmmm…mahal gak ya? Tergantung..

Coba kita pikir ulang, misalkan kita mengetahui informasi tentang sarang harta karun di suatu tempat. Kita mendapatkan informasi tersebut dengan perjuangan yang sangat berat. Tentunya kita tidak bisa sembarangan memberikan informasi tersebut secara cuma-cuma. Contoh lain yang sederhana, kalau kita download antivirus, ada yang gratis tapi tidak tahan lama karena harus selalu update. Parahnya kalau kita lama tidak mengupdatenya maka antivirus tersebut tidak akan berfungsi lagi. Lain lagi kalau kita menggunakannya dengan yang berbayar, maka insyaAllah hasilnya akan jauh lebih baik.

Kembali tentang jatuhnya pilihan pada jualan produk digital/ informasi. Sebenarnya apa sih keuntungan menjual produk digital/ informasi? Pastinya produk digital menjadikan orang akan bertambah ilmu pengetahuan tentang segala hal. Contoh bagaimana cara menulis yang baik, di mana mendapatkan resep masakan, apa  itu sapi limousin dan seabrek informasi lainnya. Setelah bertambah ilmu pengetahuan, tentunya akan bertambah pula ketrampilan dan keahlian seseorang. Kesimpulannya produk digital itu banyak yang mencarinya.

Jadi, produk digital adalah produk unggulan secara online. Why?

  • Gampang pengirimannya. Tidak perlu packing dan juga tidak perlu berurusan dengan expedisi/ jasa pengiriman. Mengingat, jaman sekarang kebanyakan orang menginginkan segala sesuatu yang serba cepat, sehingga produk digital adalah produk terbaik yang bisa dijual secara online yaitu dengan sambungan internet.
  •  Automatic Process. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan terhadap pembeli berjalan secara otomatis dari pengorderan sampai pembayarannya. Hal ini lah yang membuat nyaman pengorder atau pembeli. Sehingga tidak dirasakan ribet atau repotnya harus menunggui toko.
  •  Aman. Kita tidak perlu khawatir dengan adanya perampokan seperti yang terjadi pada toko-toko yang dilakukan secara offline. Sehingga tidak perlu satpam.
  • Jenisnya bermacam-macam. Ada yang tentang membuat blog, ada yang tentang motivasi, bagaimana SEO itu, atau topik tentang bagaimana cara beternak, makanan enak, diet sehat dan masih banyak jenis produk digital menarik lainnya.

Produk digital inilah yang menjadikan Clickbank.com dan juga Amazon.com menjadi ternama dan kaya raya dari segi financial. Kalau di Indonesia ya ada kaskus.com, tokobagus.com dan masih banyak jenis lainnya. Selain itu masih banyak lagi yang sudah menikmati hasil bisnis online ini.

Semoga kita segera menyusul mereka ya…dan jangan lupa hasil yang kita dapatkan ada hak dari saudara kita yang tidak mampu dan kurang beruntung lho..hmmm terselip nasehat yang bermanfaat…Alhamdulillah..:)

9 thoughts on “Mau Jualan apa ya di Bisnis Online?”

  1. After examine a number of of the weblog posts in your web site now, and I truly like your approach of blogging. I bookmarked it to my bookmark website record and shall be checking again soon. Pls check out my site as nicely and let me know what you think.
    Your place is valueble for me. Thanks!…

  2. This is a comment to the admin. I discovered your “Mau Jualan apa ya di Bisnis Online?” page via Google but it was hard to find as you were not on the first page of search results. I see you could have more traffic because there are not many comments on your website yet. I have found a website which offers to dramatically increase your rankings and traffic to your site. I managed to get close to 1000 visitors/day using their services, you could also get lot more targeted traffic than you have now. I used their services and got significantly more traffic to my site. Hope this helps 🙂 Take care.

  3. This site is known as a walk-via for all the info you needed about this and didn’t know who to ask. Glimpse here, and also you’ll positively uncover it.
    There is noticeably a bundle to learn about this. I assume you made sure good factors in features also.

  4. Nice post. I be taught one thing tougher on different blogs everyday. It’s going to always be stimulating to learn content material from other writers and apply a bit one thing from their store. I’d prefer to make use of some with the content material on my weblog whether or not you don’t mind. Natually I’ll provide you with a link on your internet blog. Thanks for sharing.

  5. I do not even know how I finished up right here, but I believed this put up was good. I don’t understand who you are but certainly you’re going to a famous blogger should you aren’t already. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *