Menjalani Bisnis Masa Depan dari Rumah

Tulisan ini saya ringkas dari berita GENERASI NET di Harian Kompas pada hari Minggu, 19 April 2009. Jadi. Tidak semua tulisan saya cantumkan di sini, karena terlalu banyak. Lebih lengkapnya silakan baca sendiri di Koran tersebut yach…Selamat mencermati…

Para pemasar di mana pun menghadapi persoalan besar saat ini dalam menjangkau konsumen, terutama orang muda. Miliaran dollar AS dikeluarkan untuk iklan, tetapi cara yang dianggap ampuh ternyata getok tular alias informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut dan informasi itu dipercaya karena yang menyampaikan adalah teman atau kerabat.

Dalam era teknologi digital, informasi itu akan sampai lebih cepat karena internet memotong jarak waktu dan ruang. Bukan kebetulan bila Generasi Net (lahir Januari 1977-Desember 1997), bersamaan dengan lahirnya teknologi komputer, merupakan pengguna internet paling mahir dan menjadi pengunjung setia blog.

Internet memang memberi banyak peluang bisnis untuk usaha kecil dan menengah.Yang terpenting adalah memiliki nama menarik, tampilan enak dilihat dan mudah dibuka, serta memberi jalur ke situs-situs lain. Untuk ini memang diperlukan keterampilan seorang pemrogram komputer atau mencari bantuan dari tenaga profesional.

Disebutkan di Kompas,”Penetapan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional oleh Menteri Komunikasi dan Informatika mengangkat kredibilitas blog,” Kendalanya adalah biaya pemakaian internet yang dirasa masih dapat diturunkan lagi seperti dijanjikan pemerintah.

Untuk yang membuat sistem dan situs sendiri, biayanya bisa jadi tidak murah karena banyak jenis sistem yang harus diaplikasikan, seperti sistem pengecekan stok barang, basket, pencatatan auto update, sampai mesin pencari yang dibuat begitu rupa sehingga mudah dicari oleh peselancar internet.

”Keuntungannya, di mata pelanggan dan calon pembeli, situs yang dibuat sendiri tentu lebih profesional dan representatif dan bisa menjadi sarana menunjukkan bagaimana usaha di dalamnya berjalan,” kata seseorang di Kompas.

Selain itu, krisis ekonomi saat ini menyebabkan orang semakin berhemat dalam membelanjakan uangnya. Kalaupun mereka masih mau berbelanja, mereka ingin mendapatkan barang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Getok tular dengan saling memberi rekomendasi kepada teman serta internet memungkinkan itu terjadi.

24 thoughts on “Menjalani Bisnis Masa Depan dari Rumah”

  1. Assalamu’alaikum Mbak Does, salam kenal dari saya.
    Blognya sudah bagus Mbak, malah sudah pakai yg berbayar bukan? Tinggal ditambah dengan fasilitas yang memudahkan komunikasi dengan pengunjung, misal chat-box atau shout mix.
    Semoga makin muantab…

  2. well menjalankan bisnis dari rumah adalah dream saya mbak. Soale aku males kalo keluyuran. enakan di rumah. Kalau pun keluyuran mendingan untuk hve fun aja.

    Alhamdulillah dengan internet marketing, jalan itu semakin nyata.

  3. Menjalani Bisnis Masa Depan Dari Rumah, judul yang cukup menggambarkan bahwa saat ini setiap orang mempunyai kesempatan untuk sukses ‘menggenggam dunia’ hanya dengan menjalankan ‘bisnis rumahan’. Inilah salah satu keajaiban yang ada sekarang.
    Semoga kita semua bisa memanfaatkannya dengan benar.

    -salam sukses mba-

  4. Thanks Mas Ricky.Kedepan anak-anak pada enjoy nih ya, karena Bapak Ibunya ready di rumah..

  5. Woow indah sekali Mas.Sayangnya saya ketemu bisnis internet ini baru beberapa bulan ini…Selama 14 tahun keluyuran terus (Marketing offline)…Sampe keluarga “kether”.Thanks komentarnya ya…

  6. Hello, thanks for visiting my blog. I had visited your blog, n great. Good luck…

  7. salam kenal mbak…!
    Artikel yang mantebbb. Kerja di rumah, ditemani keluarga dan menghasilkan uang. Semua pasti mau…!
    Tetap Action and let’s grow up together !

  8. Blognya bagus,… sederhana tapi pas.. bisnis rumahan memang idaman saya.. dan tentang getok tular…hemm.. kalo diri ini belum sukses apa yang akan digetok tularkan…

  9. Salam kenal mbak Does,

    Artikal yang bagus dan menggugah semangat hidup.
    Tentunya di bisnis online.

    Terus Action, buang angan-angan.

    Bayu N.Satrio

  10. Assalamualaikum…….SALAM KENAL…………..
    Temen-temen ingin bisnis ??? Mau buka usaha ???
    Ingin WIRAUSAHA WIRASWASTA?
    Yang nyata, halal & prospektif ??? ( Bukan MLM )
    Atau butuh bimbingan / konsultasi ??? infobagus DISINI TEMPATNYA.
    Wujudkan Bersama Kami. CV.HAZET Computer & Konsultan Bisnis.
    Hubungi 08121479434 Klik

    http://WWW.INFOBAGUS.TK atau
    http://WWW.HAZETCOM.BLOGSPOT.COM

    Bersama kami insyaAllah untung, maju, berkah & sukses.
    Saatnya ACTION Cepat. Tangkap peluang bisnis ini.
    Ikuti jejak mereka yg sudah kami bina & sukses. Kami bantu anda maksimal.
    Melayani Seluruh Indonesia. GARANSI. KONSULTASI GRATIS !!! =============

  11. Wa’alikum salam…Terima kasih Pak…maaf baru buka web…lagi konsent ke Takaful Syariah nih…

  12. I’d must test with you here. Which isn’t something I normally do! I enjoy studying a submit that may make people think. Additionally, thanks for permitting me to comment!

  13. Heya i am to the most important time in this article. I stumbled upon the following plank and i also find It actually beneficial & the item reduced the problem available significantly. Hopefully to show a little something just as before in addition to assist other folks just like you forced me to be.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *