Kolaborasi Bisnis Online dan Offline

Hal penting dalam berbisnis adalah pemasaran atau marketing. Punya barang bagus, webnya juga oke , tanpa dipasarkan dengan profesional, non sense akan ada hasil yang optimal. Nah di era digital sekarang ini pemasaran tidak hanya dilakukan secara tradisional alias offline. Namun sudah menjadi mode/ tren sekarang ini tanpa menggunakan Online bisa jadi dikatakan ketinggalan jaman.

Kira-kira bisnis yang sudah kita jalankan sudah lama atau baru beberapa waktukah? Saya kira bukan masalah, yang penting kemauan kuat kita untuk lebih maju dalam mengembangkan bisnis. Kita mesti selalu belajar dan terus belajar, karena perkembangan bisnis itu tidak ada matinya. So…selalu mengikutinya selama itu positif dan tentunya halal…

Kembali pada judul tulisan ini, yaitu “Kolaborasi Bisnis Online dan Offline”. Lebih tepatnya bila offline dalam bentuk barang yang ada wujud atau fisiknya, sedangkan Online adalah metode pemasarannya. Namun bisa juga bisnis online adalah bisnis yang barangnya tidak dalam bentuk fisik, tapi dalam bentuk software yang harus didownload…

Kombinasi kedua bisnis Online dan Offline adalah kombinasi mutualisme, saling menguntungkan. Jadi saling berkolaborasi istilah kerennya hehe. Pengalaman yang sudah berjalan, bisnis offline yang dionlinekan hasilnya begitu luar biasa berlipat-lipat. Karena 24 jam “team marketing” melakukan aktivitas pemasarannya. Dengan menggunakan teknik online dan offline secara bersamaan , kita bisa meningkatkan keefektifan kedua metode tersebut.

Sekarang kita ambil contoh ya. Buanyak sekali produk offline yang dionlinekan, yaitu produk herbal, baju muslimah, kerudung, kosmetik dan lain-lain…Hal penting lagi adalah konsisten melakukannya , InsyaAllah hasilnya akan seperti yang kita harapkan.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan kolaborasi adalah, tentunya ada rukun dan syaratnya…wah kaya’ orang yang mau Ibadah saja ya…Gak apa-apa biar lebih disiplin kok. Syaratnya adalah, yg pertama tentu adanya produk, lalu ada web yang sudah kita punyai dan rutin dalam menulis sales letternya…waw…Adapun yang dimaksud rukun adalah hal-hal yang kita lakukan dalam memasarkan barang tersebut via online maupun offline. Contohnya, setelah terpenuhinya syarat di atas, selanjutnya adalah memasarkan dengan jalan, membuat sales letter sendiri (SEO),pasang iklan online berbayar (PPC), dan lainnya. Kalau mau memasarkan via offline ya bisa di media elektronik , media cetak atau hanya dari mulut ke mulut pada komunitas teman-teman kita. Jangan lupa untuk selalu follow up and keep in touch…:)

Ok deh…apa pun itu kalau diawali dengan niat baik dan kemauan yang kuat, InsyaAllah pasti sukses…so ..tetap semangat dan jangan putus asa ..(sekaligus menyemangati diri sendiri nih hehe…:)

6 thoughts on “Kolaborasi Bisnis Online dan Offline”

  1. Betul mbak, saya sendiri juga berawal dari online menuju ke offline tanpa meninggalkan yang online juga…

    Dan setuju juga dengan posting Anda, sebagus dan semenarik apapun sebuah produk atau web, jika tidak di promosikan maka hasilnya akan nol besar.

    salam kenal, moga sukses dengan blognya…

  2. Benar sekali, zaman terus berubah. Bila kita tidak mengikuti perubahan itu, kita akan tertinggal.
    Nah, sekarang ini eranya Internet. Bisnis pun mengikuti. Yang dulu hanya via offline, sekarang juga dipasarkan via online.
    Dan yang paling baik memang mengkolaborasikan keduanya.
    Saya sendiri juga demikian. Dengan demikian bisnis makin optimal.

    Salam kenal dan sukses selalu untuk anda. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *