8 Tips Agar Produktif Secara Finansial

lagi-lagi tulisan yang bagus ini copas percis di www.pengusahamuslim.com

Setiap dari kita membelanjakan uang untuk memenuhi kebutuhan. Jika kita beruntung, kita bisa menyimpan sebagian dari penghasilan kita untuk ditabung. Tapi kebanyakan orang berfoya-foya tanpa memikirkan konsekuensinya dan panik saat ada kebutuhan yang mendesak. Uang adalah kebutuhan utama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi bagaimanapun kita tetap harus menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan.

Marilah kita lihat sejenak beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya kita bisa membelanjakan uang lebih produktif dan lebih bijaksana tanpa menggunakannya secara mubazir

1. Mengetahui kebutuhan

Pertama-tama anda harus membuat daftar kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi. Kebutuhan yang harus didaftarkan adalah makanan, akomodasi, biaya sekolah, biaya transportasi, biaya listik dan air dan hutang jika ada. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian jumlah untuk bersedekah setiap bulan.

2. Gunakan program computer untuk mengatur keuangan

Jika memungkinkan buatlah spreadsheet menggunakan computer untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan pertahunnya. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah pengeluaran anda cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Jika kebutuhan bisa terpenuhi dengan pendapatan yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa neraca pendapatan dan pengeluaran anda dalam keadaan yang baik dan seimbang. Tapi jika tidak, maka anda harus mengurangi lagi kebutuhan anda. Jika anda merasa repot untuk membuka computer setiap kali ingin mencatat pengeluaran, maka bagi anda yang menggunakan gadget iphone, anda bisa menggunakan applikasi seperti Texthog dan Cashbase. Anda bisa juga mencatat kebutuhan anda secara online pada Mint.com.

3. Tabung beberapa persen dari pendapatan

Jika kita sudah membuat daftar kebutuhan, maka sisihkan sebagian persen untuk menabung. Buatlah target setiap bulan anda menerima gaji. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan uang pada saat-saat darurat seperti jika anda sakit mendadak. Idealnya anda menabung 10-20% dari pendapatan anda.

4. Catat semua pengeluaran

Catat semua pengeluaran setiap harinya. Anda bisa menggunakan pencatat yang ada di hp anda untuk mempermudah dan kemudian bisa mentransfer catatan tersebut di akhir minggu. Dengan ini anda bisa memantau dan membandingkan kebutuhan anda setiap minggunya.

5. Analisa

Yang perlu anda perhatikan adalah tidak keluar dari jalur target anda. Sebagai contoh jika anda mentargetkan hanya menghabiskan Rp.200,000 perbulan, jangan sampai pengeluaran melebihi target tersebut. Dengan ini anda bisa menganalisa kemana larinya uang anda dan jika mungkin untuk mengurangi kebutuhan sekunder yang lain. Sehingga tidak mengurangi jatah tabungan anda.

6. Jauhi hutang

Coba sekuat tenaga untuk menjauhi hutang dan jika memang tidak bisa dihindari karena terdesak, maka pastikan anda membayar tagihan tepat waktu. Seperti halnya menabung, anda juga harus menyisihkan sebagian uang untuk membayar hutang.

7. Ubah gaya hidup

Hilangkan gaya hidup berlebih-lebihan dan mubazir seperti jajan diluar setiap makan dan untuk cemilan. Selain bisa mengganggu kesehatan karena banyak jajanan diluar yang kurang bersih dan sehat, jajan sangat menguras uang anda, apalagi jika dilakukan setiap kali anda makan. Catatlah semua pengeluaran anda untuk jajan dan anda akan terkejut jika mengetahui betapa banyak uang yang anda habiskan untuk berjajan.

8. Bagaimana dengan Anda?

Tentu Anda punya tips produktif handal yang bisa dibagi di sini. Bagikan tips produktif Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

One thought on “8 Tips Agar Produktif Secara Finansial”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *