Apa Itu Ekonomi Syariah?

Kali ini tulisan saya singkat saja…Ekonomi, dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah. Krisis ekonomi yang sering terjadi ditengarai adalah ulah sistem ekonomi konvensional, yang mengedepankan sistem bunga (riba) sebagai instrumen provitnya. Berbeda dengan apa yang ditawarkan sistem ekonomi syariah, dengan instrumen provitnya, yaitu sistem bagi hasil. Didalam menjalankan kegiatan ekonominya, Islam sangat mengharamkan kegiatan riba, yang dari segi bahasa berarti “kelebihan”

Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

Ekonomi Islam menjadi rahmat seluruh alam, yang tidak terbatas oleh ekonomi, sosial, budaya dan politik dari bangsa. Ekonomi Islam mampu menangkap nilai fenomena masyarakat sehingga dalam perjalanannya tanpa meninggalkan sumber hukum teori ekonomi Islam.

4 thoughts on “Apa Itu Ekonomi Syariah?”

  1. sip infonya….cuma soal penerapan didunia nyata banyak ekonomi syariah cuma namanya saja tpi kenyataanya sama dengan riba…huh prihatin saya dengan koprasi2 yg katanya syariah…salam kenal dan berkunjung balik gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *